Twitter
RSS

Bangka Belitungku dan Kulinernya

Bangka Belitungku dan Kulinernya


                     Karena dikelilingi oleh lautan, orang pasti akan langsung berasumsi bahwa Bangka dan Belitung adalah surga makanan laut alias seafood. Think again, karena percaya atau tidak, seafood adalah makanan mewah di daerah ini. Bangka dan Belitung memang lebih banyak mengirimkan hasil lautnya untuk produk ekspor daripada mengkonsumsinya sendiri. Tak heran bila penduduk Bangka dan Belitung harus mengeluarkan biaya cukup besar untuk dapat menikmati hasil laut mereka. Namun, bukan hanya makanan laut, sayuran segar juga barang yang langka di sini. Wajar saja, penduduknya memang lebih memilih untuk menjadi penambang timah daripada petani.

                   Tapi tenang, jangan langsung patah hati dan urung datang ke Bangka Belitung karena bingung soal makanan. Walau seafood harganya cukup mahal, namun di sini Anda dapat menemukan berbagai makanan olahan dari hasil lautnya yang kaya. Belum lagi makanan-makanan khas Bangka yang biasa Anda temui di Ibukota Jakarta, kini dapat ditemui langsung di daerah aslinya, tentunya dengan rasa yang asli pula. Kemplang adalah kerupuk berbentuk bulat pipih yang terbuat dari ikan, kulit ikan, cumi atau udang dan kemudian imakan bersama sambal. Bayangkan rasanya yang asin dan gurih, bercampur pedas kecut dari sambalnya. Nikmat! Cemilan yang sulit berhenti dikunyah. Untuk membuat kemplang, mula-mula daging ikan dihaluskan lalu dicampur dengan sagu matang. Kemudian adonan diremas dan dibanting-banting hingga menyatu, sampai padat dan mengeras, lalu dijemur dan dikeringkan beberapa hari, sebelum digoreng dan dijual. Konon, teknik pembuatan adonan ini sangat sulit dan memiliki andil besar terhadap kelezatannya.


Lempah Kuning Kesayangan Bangka Belitung. Ini dia makanan kebanggaan Bangka Belitung dengan bumbu kuningnya yang khas. Lempah kuning adalah hidangan berkuah asam yang dimasak bersama daun kedondong. Hasilnya? Kuah dengan rasa kecut yang menyegarkan!. Ditambah sambal terasi dan nasi panas yang mengepul, pasti membuat ketagihan. Ikan (atau hanya kepalanya), daging sapi dan rusuk sapi adalah beberapa bahan yang biasanya dibuat dan disajikan sebagai lempah kuning. Anda dapat dengan mudah menemui cara pengolahan ini di rumah-rumah makan.

Comments (0)

Posting Komentar